Brand Promise

Bersamaan dengan momentum perubahan nama menjadi Pertamina Patra Niaga, Kami akan terus meningkatkan komitmen untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi seluruh pelanggan dan mitra bisnis kami.

Pertamina Patra Niaga

Pertamina International Timor SA, Keluarga Baru PPN

Posted on 3 September 2015

Hari ini, 3 September 2015, Pertamina dan 4-Consortio Timor Progresso (4-CTP) menandatangani Joint Venture Agreement pembentukan badan usaha “Pertamina International Timor SA” yang berlangsung di Kantor Pusat PT Pertamina Patra Niaga (PPN), Wisma Tugu II, Jakarta.  Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PPN Gandhi Sriwidodo, Direktur Utama PT Pertamina Retail Toharso, dan Presiden Direktur 4-Consortio Timor Progresso, Lda (4-CTP) Adolfo Antonio Belo. Selain itu, hadir pula SVP Fuel Retail Marketing PT Pertamina (Persero) M. Iskandar yang bertindak sebagai saksi.

Untuk menjadi badan usaha yang berbentuk penanaman modal asing (PMA), Undang-Undang Republic Democratic Timor Leste mewajibkan partisipasi saham 5% partner lokal.   Karena itu, perusahaan lokal di Timor Leste turut masuk ke dalam komposisi pemegang saham.  Sebagai catatan, kepemilikan saham badan usaha Pertamina International Timor SA terdiri dari PPN sebesar 50%, Pertamina Retail 45%, dan 4-CTP 5%.

Saat ini, bisnis utama Pertamina di Timor Leste adalah memasok BBM, Solar, Avtur, Pelumas, dan Elpiji. Melalui perwakilannya, Pertamina sudah menyuplai  gasoline yang marketnya mencapai  2500 Kilo Liter (KL) per bulan.  Selain itu, suplai LPG juga mencapai angka 65 ton per bulan yang marketnya mencapai angka 60% dari Pertamina. Kemudian, ada juga kebutuhan avtur di Timor yang mencapai angka 335 KL per bulan dan market Pertamina mencapai 60%.  Dan terakhir yaitu solar,  dengan kebutuhan mencapai angka 8700 kiloliter perbulan namun marketnya hanya 17% dari Pertamina.

Dengan membentuk badan usaha di Timor, Pertamina juga dapat mengantisipasi persaingan dengan kompetitor. Hal tersebut akan mempermudah bisnis karena tidak hanya di hilir tetapi juga masuk ke sektor hulu. Selain itu dengan  pembentukan badan usaha, maka Pertamina dapat mengikuti tender di sana.

Pertamina International Timor SA akan menjadi badan hukum yang tidak hanya beroperasi di Timor Leste, tapi juga menyeluruh pada daerah sekitarnya. Selain itu, badan usaha ini juga akan memberikan kontribusi yang maksimal, baik untuk korporat (Pertamina, red) maupun PPN sendiri. Sinergi antara PPN dan Pertamina Retail juga diharapkan dapat mengembangkan bisnis Pertamina di Timor Leste, di mana PPN lebih berpengalaman dalam hal impor BBM dan pengelolaan depot, sementara Pertamina Retail berpengalaman dalam bidang pemasaran retail seperti memasok SPBU.  Pihak 4-CTP sebagai badan usaha lokal juga berperan memperluas network dalam pemerintahan setempat. (*)

Komitmen Kami

Sudah menjadi komitmen kami menyediakan energi untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran bisnis Anda.

Terlebih lagi, kami didukung oleh sarana infrastruktur yang beragam dan memadai, sehingga memampukan kami untuk menjangkau berbagai lokasi di kawasan Indonesia. Kami akan terus berupaya menyediakan pasokan bahan bakar dengan harga yang kompetitif, mulai dari usaha niaga bahan bakar minyak dan gas, distribusi dan penyimpanan. Selain itu, kami juga menawarkan solusi efektif dan terpadu seiring dengan terus meningkatnya permintaan akan bahan bakar.