Brand Promise

Bersamaan dengan momentum perubahan nama menjadi Pertamina Patra Niaga, Kami akan terus meningkatkan komitmen untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi seluruh pelanggan dan mitra bisnis kami.

Pertamina Patra Niaga

Fuel Management Service PT KAI Wilayah Yogyakarta dan Solo

Posted on 14 August 2012

Untuk kali pertama, PT Pertamina Patra Niaga melaksanakan layanan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) terpadu bagi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di wilayah Yogyakarta dan Solo. Layanan yang lebih dikenal dengan nama Fuel Management Service (FMS) ini dilakukan di Daerah Operasi 6 Dipo Loko Yogyakarta, pada hari Kamis (9/8) lalu.  FMS sendiri merupakan kerjasama antara PT Pertamina (Persero) dan PT KAI yang diresmikan sejak tanggal 24 Juli 2012 di Bandung. 

PT Pertamina Patra Niaga, selaku operator pelaksana yang dipercaya oleh PT Pertamina (Persero) dan PT KAI, berperan memenuhi kebutuhan BBM jenis solar guna mendukung operasional PT KAI di seluruh Indonesia. Layanan yang diberikan PT Pertamina Patra Niaga yaitu pengelolaan supply solar secara menyeluruh, dari tahap ketahanan stok hingga pengisian ke lokomotif.

Di hadapan EVP DAOP 6 Yogyakarta Sinung Tri Nugroho serta sejumlah manajemen PT KAI, Erriza dari PT Pertamina Patra Niaga memaparkan bahwa dengan FMS, losses maupun kecurangan dalam operasional distribusi dapat dicegah, dan losses di tangki penyimpanan menjadi tanggung jawab PT Pertamina Patra Niaga. Data-data mengenai kuantitas stok BBM dan pemakaian per hari di Dipo Loko PT KAI dapat diakses secara online berbasis web. "Kita sedang mempersiapkan sistem online tersebut, semoga sudah bisa go live pada bulan September," jelas Erriza.

Turut hadir dalam implementasi FMS ini adalah Key Account Officer PT KAI dari Pertamina Doni Indrawan, VP Logistik PT KAI Tri Noviatri, serta VP National Sales PT Pertamina Patra Niaga Faisal Barida. Kerjasama ini, ungkap Tri, diharapkan mampu memperbaiki kinerja operasional PT KAI di Dipo Loko seluruh Indonesia, khususnya dalam hal ketersediaan stok solar. Sebelum bekerjasama dengan PT Pertamina dan PT Pertamina Patra Niaga, stok solar ditangani sendiri oleh PT KAI yang kerapkali tersandung masalah 'kehabisan stok'.

Terkait solusi bagi masalah tersebut, Doni menyampaikan bahwa Pertamina siap menjaga ketersediaan stok solar bagi PT KAI. "Jaminan supply solar yang disiapkan oleh Pertamina dan dikelola oleh Anak Perusahaan kami, PT Pertamina Patra Niaga, diharapkan menambah baik kinerja operasional PT KAI dan terasa manfaatnya oleh masyarakat," tutur Doni. Layanan transportasi kereta api bagi masyarakat tentu akan menjadi lebih baik dengan efisiensi penggunaan BBM oleh PT KAI yang didukung penuh oleh PT Pertamina Patra Niaga.

Komitmen Kami

Sudah menjadi komitmen kami menyediakan energi untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran bisnis Anda.

Terlebih lagi, kami didukung oleh sarana infrastruktur yang beragam dan memadai, sehingga memampukan kami untuk menjangkau berbagai lokasi di kawasan Indonesia. Kami akan terus berupaya menyediakan pasokan bahan bakar dengan harga yang kompetitif, mulai dari usaha niaga bahan bakar minyak dan gas, distribusi dan penyimpanan. Selain itu, kami juga menawarkan solusi efektif dan terpadu seiring dengan terus meningkatnya permintaan akan bahan bakar.